7 Hewan Purba Unik dan Mengerikan, Bikin Merinding!

Advertisement


Zaman purba biasanya identik dengan dinosaurus, padahal kenyataannya, zaman prasejarah tidak hanya soal dinosaurus saja. Selain dinosaurus, banyak hidup pula makhluk-makhluk lain yang mempunyai ukuran raksasa.

Seiring dengan berkembangnya masa dan proses evolusi banyak dari makhluk-makhluk purba ini yang mati dan akhirnya mengalami kepunahan. Beruntung sekali kita hidup di masa sekarang, makhluk-makhluk purba menyeramkan tersebut kini sudah punah, bisa saja jika mereka belum punah, kita akan jadi menu makanan mereka. Mari kita lihat ulasannya!

1. Arthropleura


Arthropleura adalah nenek moyang dari kaki seribu, mereka mempunyai ukuran jauh lebih besar dari yang ada saat ini, mereka diperkirakan memiliki tubuh sebesar sebuah mobil. Manusia purba pernah berbagi tempat dengan hewan ini pada era Carboniferous, namun pada akhirnya punah dan tidak pernah ditemukan lagi sampai sekarang.

2. Jaekelopterus


400 juta tahun yang lalu, kalajengking pernah merajai bumi ini, banyak spesies kalajengking raksasa hidup pada saat itu, salah satunya adalah Jaeketopterus. Kalajengking dengan tubuh raksasa ini hidup di dasar laut dan memangsa hewan-hewan laut pada masa itu.

3. Carbonemys


Carbonemys merupakan penyu raksasa karnivora yang handal berburu mangsa pada saat itu. Hewan purba ini diperkirakan memiliki ukuran tubuh sebesar mobil VW, sekali gigit makhluk ini bisa melumat dan mematahkan tulang mangsa-mangsanya.

4. Anomalocaris


Hewan yang satu ini merupakan salah satu nenek moyang udang modern. Bernamakan Anomalocaris yang mempunyai arti udang tidak normal, hewan ini mempunyai bentuk tubuh yang unik, makhluk purba ini mampu tumbuh hingga sebesar ukuran tubuh orang dewasa. Bisa dibayangkan jika dijadikan terasi akan jadi berapa banyak.

5. Cameroceras


Cameroceras bisa dibilang merupakan nenek moyang dari gurita dan cumi-cumi modern. Meskipun tidak selincah cumi-cumi dan gurita pada masa sekarang, Cameroceras dilengkapi dengan rongga mulut yang sangat amat kuat hingga dapat menghancurkan cangkang hewan paling keras sekalipun.

6. Pulmonoscorpius


Pulmonoscorpius adalah kalajengking raksasa lainnya yang hidup pada zaman purba selain Jekelopterus. Berbeda dengan Jekelopterus yang bertempat tinggal di dasar laut, Pulmonoscorpius hidup di darat, biasanya hidup di dalam hutan, dengan dilengkapi penyengat seperti kalajengking modern.

7. Titanoboa


Titanoboa adalah ular purba raksasa yang dipercaya sebagai nenek moyang ular modern. Untuk ukuran tubuh, Titanoboa mempunyai ukuran tubuh sebesar bus. Mengerikannya lagi, beberapa dari ular ini diyakini masih hidup dan berhasil bertahan hidup sampai sekarang dan diduga ada di pedalaman hutan sungai Amazon.

Nah, tadi adalah 7 daftar makhluk purba mengerikan yang pernah ada di bumi. Bagaimana, mengerikan sekali bukan? Untung saja kita tidak hidup pada masa yang sama dengan mereka.

Sumber: YuKepo

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!