Alasan Kenapa Reddit Diblokir Kemenkominfo

Advertisement


Reddit telah menjadi salah satu situs paling kuat di dunia maya. Lebih dari 100 juta orang mengunjungi situs ini per bulan. Pengguna yang telah terdaftar bebas untuk memposting sesuatu, contohnya membuat meme, menyebarkan berita, dan bahkan memunculkan konten yang seharusnya tidak ditemukan oleh masyarakat.

Reddit diblokir oleh pemerintah karena pemerintah menganggapnya memiliki kandungan negatif. Di bawah peraturan 2014, isi negatif tersebut termasuk mengenai pornografi dan aktivitas lainnya yang menurut hukum dan peraturan dianggap ilegal dan itu adalah kewajiban dari kementerian, instansi pemerintah, penegak hukum, peradilan, dan publik yang berwenang untuk melaporkan ilegalitas tersebut.


Kita bisa melihat situs mana yang telah diblokir sejauh ini mengandung kegiatan ilegal yang melibatkan antara lain perjudian, perdagangan narkoba dan obat-obatan terlarang, perkataan yang membenci, prostitusi, dan radikalisme. Singkatnya, hal-hal yang dapat memicu hal seperti penyakit sosial, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, atau terorisme.

Pemblokiran ini secara khusus bertujuan untuk menonaktifkan situs dengan konten negatif agar tidak diakses oleh masyarakat umum. Pemblokiran ini juga dimaksudkan untuk melindungi masyarakat dari paparan terhadap efek samping dan penularan. Pemerintah telah menyediakan kepada publik daftar situs dengan konten negatif melalui aplikasi TRUST + Positif. Aplikasi ini berfungsi untuk menyajikan situs yang aman dan sesuai dengan suara dan informasi yang dapat dipercaya untuk melindungi masyarakat dari etika, moral, dan prinsip yang tidak dapat ditolerir dan untuk menyelamatkan internet dari akses yang sia-sia.

Dalam revisi peraturan 2014, pemerintah akan memasukkan klausul untuk secara permanen melarang situs yang berulang kali mengirimkan konten yang dilarang.

Sumber: Quora

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!