Beginilah Proses Terbentuknya Mutiara

Advertisement


Mutiara terbentuk karena adanya proses iritasi terhadap tubuh kerang. Iritasi ini bisa diartikan dengan masuknya pasir ke dalam kerang. Kemudian pasir tersebut nantinya terbungkus nacre lalu jadilah sebuah mutiara yang indah. Nacre adalah senyawa utama yang berfungsi sebagai pelindung dari gangguan contohnya seperti masuknya pasir ke dalam cangkang kerang.

Ketika pasir masuk ke dalam tubuh kerang, kerang tersebut akan merasa kesakitan, dan kerang akan membungkus pasir tersebut dengan lapisan didalamnya dan akan berusaha mengeluarkan pasir yang masuk tersebut.


Mengingat proses terbentuknya yang sangat lama, hal tersebut membuat mutiara dijual dengan harga yang sangat mahal, mutiara biasanya digunakan untuk fashion. Untuk mengakali proses terbentuknya sebutir mutiara yang sangat lama, manusia kemudian membuat mutiara palsu dengan bahan alternatif lain, sehingga mutiara menjadi lebih murah, dapat dijangkau semua orang dan tetap bisa menjadi kebutuhan fashion.

Sumber: Kompasiana

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!