Inilah 5 Jurus Bela Diri Kung Fu Terhebat Sepanjang Sejarah Perfilman

Advertisement


Tak lekang oleh zaman, film dengan unsur bela diri masih diminati oleh penonton dari Indonesia maupun dunia. Mulai dari kontak fisik sampai tembak-tembakan selalu diharapkan muncul dari sebuah film.

Film bela diri Kung Fu yang memasuki masa kejayaannya di tahun 90-an ternyata masih mendapat tempat di hati para penikmat film aksi. Aktor senior seperti Jackie Chan, Jet Li, Donnie Yen, dan Stephen Chow masih sangat dinanti. Dari kesekian banyak film bela diri Kung Fu yang mereka bintangi, berikut 5 jurus Kung Fu terhebat sepanjang sejarah perfilman.


1. Jeet Kune Do


Bruce Lee memang dikenal dengan gerakan Kung Fu-nya yang unik tapi mematikan. Dia sendiri merupakan seorang atlet bela diri yang pada awalnya belajar Wing Chun dari Yip Man.

Kemudian dia menyederhanakan dan mengubah gerakan tersebut menjadi lebih praktis dan efektif yang dinamainya dengan Jeet Kune Do. Bruce Lee membuat kita tercengang dalam filmnya dengan melihat dia dapat mengalahkan lawannya dengan tekniknya.

Sayangnya, Bruce Lee harus mati muda, sehingga riwayat filmnya pun menjadi sangat singkat.

2. Tendangan Tanpa Bayangan


Bagi kamu penggemar film bela diri Kung Fu, sosok Wong Fei Hung di film Once Upon A Time in China pasti sudah sangat dikenal. Melihat rambut ekor kuda dan iringan lagu khasnya pun kamu sudah pasti akan mengenalinya.

Jurus andalan Wong yang sangat hebat dan terkenal adalah tendangan tanpa bayangan. Wong adalah ahli Kung Fu tak terkalahkan yang memiliki tendangan sangat cepat sehingga memiliki julukan tersebut.

3. Jurus Mabuk


Jackie Chan menorehkan aksi yang sangat menarik pada salah satu film bela diri Kung Fu terlaris sepanjang sejarah, sekaligus mengangkat namanya. Jurus mabuk yang diperankan Jackie Chan sangat dikenal akan kehebatannya. Dia bisa mengalahkan siapa pun asalkan terdapat arak di tangannya.

Dengan kaki lunglai, dia bisa melesakkan pukulan tak terduga yang bertenaga. Tak heran jika jurus mabuk ini masih diingat sampai sekarang.

4. Tapak Budha


Film yang satu ini sebenarnya adalah gabungan antara film aksi dan komedi. Seperti film-film sebelumnya, Stephen Chow memang sudah terkenal dengan jenis film semacam ini.

Seorang anak bernama Sing yang diperankan oleh Stephen Chow merupakan anak ingusan yang tak berguna. Karena sangat ingin menjadi jagoan, dia membeli buku teknik Kung Fu dari seorang gelandangan.

Tidak terduga, di akhir cerita jurus tapak Budha yang legendaris ternyata benar-benar ada. Chow berhasil melakukannya, setelah mengeluarkan jurusnya, kemudian akan meninggalkan bekas bentuk telapak tangan.

5. Wing Chun


Film Ip Man dibuat berdasarkan biografi seorang guru besar Wing Chun yang bernama Yip Man. Seri film Ip Man yang diperankan Donnie Yen berhasil membuat kagum para penontonnya untuk heran pada setiap adegan pertarungannya.

Wing Chun sendiri merupakan seni bela diri yang sebenarnya ditujukan khusus untuk perempuan yang bertujuan untuk mencegah lawan melakukan serangan. Setelah melihat adegan hebat di film Ip Man, Wing Chun langsung terkenal dan menjadi salah satu bela diri yang paling diminati.

Sumber: Duniaku

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!