Jangan Mengangkat Kucing Dengan Tengkuk Lehernya!

Advertisement


Banyak orang-orang bahkan mungkin kamu sendiri sering mengangkat kucing dengan tengkuk lehernya, hal tersebut sebenarnya berbahaya bagi kucing.

Kita sangat disarankan untuk tidak mengangkat kucing yang sudah lewat umur bulanan di bagian tengkuk atau belakang leher. Kita sering melihat induk kucing yang sudah biasa mengangkat anaknya di bagian tengkuk leher, namun, hal tersebut boleh dilakukan karena berat anak kucing tersebut masih ringan. Mengangkat kucing dewasa di bagian tengkuk leher akan memberikan tekanan tarikan besar pada tulang dan otot belakang kucing.

Teknik ini hanya boleh dilakukan sebagai upaya terakhir jika kucing agresif atau melakukan perlawanan ketika sedang diobati.

Dibawah ini beberapa fakta bahaya mengangkat kucing dengan tengkuk leher.
  • Mengangkat kucing dengan tengkuk lehernya berpotensi akan menyakiti kucing.
  • Mengangkat kucing dengan tengkuk lehernya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada kucing, bahkan dapat menyebabkan trauma dan menjadi lebih penakut.
  • Induk kucing dapat mengerti tempat atau lokasi persis saat mengangkat dengan tengkuknya, sehingga aman, kita biasanya tidak memperhatikan cara dan tempat persis untuk melakukan hal tersebut.
Intinya, kucing hanya boleh diangkat dengan tengkuk lehernya ketika masih kecil atau memiliki bobot yang masih ringan, itupun hanya boleh dilakukan oleh induk kucing.


Jika kita memiliki kucing yang ramah dan berteman, kita lebih disarankan untuk mengangkat dan menaruh kucing di bahu kita, hal ini akan membuat kucing nyaman karena posisi tersebut menopang berat dan tidak akan menyakiti kucing. Sekian, semoga informasi kali ini bermanfaat, salam catlovers.

Sumber: CatBehaviourist

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!