Punya Musuh? Hadapi! Lakukan Hal Mudah Ini

Advertisement


Namanya hidup kita pasti punya yang namanya musuh. Bahkan nabi yang berakhlak mulia sekalipun juga punya banyak musuh.

Mempunyai musuh itu sebenarnya tidak enak. Seperti percuma mempunyai seribu teman kalau masih ada satu musuh. Rasanya seperti ada yang mengganjal gitu.

Punya musuh adalah hal yang tidak mengenakkan. Kamu akan merasa sedih, terus kepikiran dan gelisah. Selain itu pasti canggung saat pergi ke suatu acara yang seru tiba-tiba bertemu dengan musuh beratmu.

Beberapa hal dibawah ini mungkin dapat kamu terapkan untuk menghadapi musuhmu.

1. Menyapa


Dengan menyapa dan memulai pembicaraan dengan musuh akan membuat hubungan kalian yang pada awalnya panas akan menjadi sedikit adem.
Salah satu pihak memang harus ada yang mau mengalah. Bisa saja kalau sebenarnya musuhmu ingin berbaikan denganmu pada saat itu tetapi tidak tahu harus mulai darimana. Jadi lebih baik kamu yang memulai hubungan baik dengannya.

2. Meminta Maaf


Walau kamu sendiri belum tahu dimana letak kesalahanmu, alangkah baiknya untuk meminta maaf duluan, setidaknya kamu sudah menunjukkan niatan baikmu untuknya.

Meminta maaf tidak akan pernah bisa menurunkan harga dirimu. Meminta maaf adalah bukti kalau kamu lebih memilih pertemanan daripada hanya mementingkan ego.

3. Mengajak Pergi Jalan-Jalan


Mengajaknya jalan-jalan adalah salah satu cara yang efektif untuk berbaikan. Namun, selama dalam perjalanan, harus kamu dulu yang memulai obrolan, karena bisa saja dia masih gengsi. Tapi sepulang perjalanan dari jalan-jalan, biasanya sikap dia dengan kamu akan membaik.

4. Menjenguknya Sewaktu Sakit


Sangat tidak baik jika kamu saat mendengar musuhmu terkena sakit langsung tertawa senang. Justru hal ini merupakan kesempatan emas untuk berbaikan dengan musuh. Coba jenguklah dan bawakan dia makanan. Pada saat akan pulang, jangan lupa untuk mendoakan kesehatan dia agar cepat sembuh. Nah, jika kamu melakukan ini, musuh pasti akan merasa bersalah karena sadar ternyata sudah memusuhi orang yang salah selama ini.

5. Mendoakannya


Pernah tidakkah kalian memiliki musuh yang sama sekali tidak bisa diajak berbaikan? Mau kita berbuat sebaik dan seistimewa apapun tetap akan salah di matanya. Untuk musuh dengan tipe yang seperti ini, kamu alangkah baiknya cukup mendoakannya saja. Doakan dia yang baik-baik, karena doa jelek akan berbalik ke diri kita sendiri.

6. Membantu Kesulitannya


Beberapa orang mengatakan, sahabat yang akan tetap setia sampai sekarang adalah dulunya musuh bebuyutan. Jadi jangan terlalu membenci seseorang hanya karena ada sebuah masalah, karena bisa saja orang itu akan jadi temanmu yang paling setia. Kalau saat dibantu tetap dia membencimu, cukup doakan saja biar dia cepat sadar.

Ayo, yang masih merasa punya musuh, sekarang saatnya untuk memulai hubungan baik dengannya. Segera ubah musuhmu menjadi temanmu.

Sumber: Kaskus

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!

1 komentar: Add Comments

kalo main sindir sindiran aja gmn?