12 Fakta Makna Mengejutkan Tentang Logo-logo Produk Terkenal Dunia

Advertisement

Setiap hari kita melihat lambang perusahaan terkenal, tapi jarang sekali kita memikirkan asal-usul atau maknanya.

Mesin Waktu telah mengumpulkan 12 cerita yang akan mengungkap sedikit rahasia dari logo terkenal. Ada yang aneh, ada yang menjijikkan, sampai menyedihkan. Berikut diantaranya.

Langsung cek saja! 

1. Starbucks


Sedikit yang tahu tentang hal ini, tapi logo Starbucks adalah putri duyung yang memegangi sirip ekornya. Lambang ini terinspirasi oleh mitos peri Melusine, seorang wanita-ikan dengan 2 ekor yang menikahi pria fana. Pada tahun 1971, gambaran keseluruhan putri duyung dapat dilihat di cangkir kopi, namun kemudian disensor.

2. Ferrari


Banyak yang mengira logo Ferrari melambangkan tenaga kuda, tapi itu tidak benar. Dalam biografinya, Enzo Ferrari menyebutkan bahwa siluet kuda itu awalnya dilukis di pesawat pilot ace Italia, Francesco Baracca. Lambang itu diberikan kepada Enzo oleh ibu Francesco setelah kemenangannya dalam sebuah perlombaan, dan kemudian menjadi simbol yang terkenal.

3. Wikipedia


Tidak mengherankan jika lambang ensiklopedia di seluruh dunia adalah Bumi. Potongan teka-teki itu terdiri dari simbol multilingualisme, jadi masing-masing diberi label huruf dengan bahasa yang berbeda. Secara keseluruhan, mereka membentuk kata "wikipedia", sementara potongan yang hilang menunjukkan bahwa daftar ensiklopedia itu belum selesai dan terus diperbarui.

4. Android


Perancang grafis Irina Blok dan timnya diberi tugas menciptakan logo yang mempunyai konsep robot dan mudah dikenali. Lucu seperti nampaknya, dia ternyata mendapat inspirasi tersebut dari simbol yang biasa kita lihat di pintu kamar mandi umum.

5. McDonald's


Pada tahun 1962, psikolog senior McDonald's Louis Cheskin menyarankan untuk mengganti logo Speedee the Cook dengan lengkungan emas yang membentuk "M." Pemikirannya adalah bahwa bentuk seperti itu menyerupai payudara wanita, yang secara tidak sadar membangkitkan nafsu makan dan mengingatkan orang akan masa kecilnya yang bahagia.

6. Lacoste


Pada tahun 1923, René Lacoste sedang berjalan di jalanan bersama kapten timnya, Alan Moore, dan melihat sebuah koper kulit buaya di salah satu jendela toko. Lacoste dan Moore membuat taruhan bahwa jika René memenangkan pertandingan berikutnya, Alan akan membelikannya koper itu. Lacoste hilang, tapi seorang jurnalis mendengar cerita ini dan menulis sebuah artikel tentang seorang petenis yang belum pernah menang tapi "bertempur seperti seekor buaya." Begitulah Lacoste mendapat julukannya, dan perusahaannya kemudian menerima lambang reptil ini.

7. BMW


Rumor mengatakan bahwa logo BMW melambangkan baling-baling pesawat, dan bahkan beberapa karyawan perusahaan berbagi pendapat ini. Namun, semuanya jauh lebih sederhana: warna biru dan putih dipilih untuk mewakili warna Bavaria.

8. Uber


Uber baru-baru ini mengubah logonya dari "U" menjadi sesuatu yang jauh seperti bit informasi (biner;satuan dalam komputer) atau atom. Perusahaan menyatakan bahwa logo baru tersebut mewakili mobil mereka yang dapat ditemukan di manapun, seperti bit atau atom.

9. Pinterest


Tampaknya cukup sederhana pada pandangan pertama, namun jika kamu melihat dari dekat pada huruf pertama, kamu akan melihat bahwa itu menyerupai pin yang bisa kita gunakan untuk kertas atau foto. Pinterest secara harfiah "menyematkan" gambar ke dinding, hanya dengan begitu elektronik.

10. Nike


Salah satu logo yang paling dikenal di dunia sebenarnya adalah salah satu yang termurah. Harganya hanya sekitar Rp. 500 rb, begitulah Phil Knight, pemilik perusahaan tersebut, membayar siswa Carolyn Davidson untuk pekerjaannya pada tahun 1971, dan dia bahkan tidak puas dengan hasilnya pada awalnya. Dia ternyata salah, lambang swoosh menjadi sangat sukses, dan tidak mengherankan jika hal itu sangat sering dikaitkan dengan sayap Nike, dewi kemenangan.

11. Apple


Legenda mengatakan bahwa logo Apple didedikasikan untuk Alan Turing, yang mengakhiri hidupnya dengan menggigit apel beracun. Sebenarnya, ini jauh lebih sederhana: perancang Rob Janoff mengatakan bahwa dia membuat apel yang bekas digigit itu untuk menunjukkan dimensinya karena keseluruhan apel dapat dengan mudah dibingungkan dengan buah bulat lainnya. Sederhananya apel yang utuh dapat tertukar dengan buah berwujud serupa.

12. Pepsi


Logo Pepsi tampak cukup sederhana, namun harganya jauh lebih mahal daripada yang bisa kamu bayangkan Rp. 13 miliar. Perancang mengembangkannya sesuai dengan proporsi rasio emas yang dianggap paling harmonis dan menyenangkan bagi mata manusia.

Sumber: BrightSide

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!