7 Fakta Tentang Kopi Yang Akan Membuatmu Ingin Menyeruputnya

Advertisement

Setiap hari, Beethoven membuat segelas kopi dengan 60 biji kopi yang telah dihaluskan, sementara Voltaire minum hingga 50 cangkir sehari dan hidup sampai usia 83. Jadi mungkinkah kecanduan kopi itu tidak terlalu buruk?

Mesin Waktu mengumpulkan 7 alasan mengapa kamu mungkin ingin menyeruput secangkir kopi sekarang juga. Sebagai bonus, kami akan memberikanmu resep untuk koktail kopi yang segar.

1. Meningkatkan kinerja otak


Bukan rahasia lagi bahwa kopi dapat meningkatkan sigap, kewaspadaan, dan konsentrasi, tapi bukan itu saja. Kopi dengan gula tambahan bisa mengubahmu menjadi sedikit jenius untuk sementara karena kombinasi kafein dan glukosa mengaktifkan sektor tertentu pada otakmu. Namun, jangan pernah minum kopi pada saat perut kosong karena hal itu akan menyebabkan kebalikannya.

2. Meningkatkan tekanan darah


Secangkir kopi kecil bisa melawan hipotensi, situasi di mana tekanan darahmu terlalu rendah. Tapi tidak disarankan untuk orang yang menunjukkan tanda takikardia atau memiliki denyut nadi tinggi meskipun belum meminum kopi yang jika ditambahkan dengan menyeruput kopi, akan menjadi lebih parah.

3. Memperkuat sistem kekebalan


Menurut ilmuwan dari beberapa negara, kopi dapat mengurangi risiko kematian dini. Semakin banyak cangkir kopi yang kamu minum sehari, semakin rendah risikonya. Ini karena kopi mengubah sistem kekebalan tubuhmu, membuatnya lebih kuat dan lebih sehat. Kopi juga bisa memperbaiki hati, jantung, dan sistem pencernaanmu. Tetap saja, cobalah tetap berpegang pada kopi alami yang baru digiling, kopi instan mengandung sedikit nutrisi dan zat kimia tambahan, yang dapat merusak organ pencernaanmu.

4. Obat untuk sakit kepala


Kafein yang terkandung dalam kopi alami dapat menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Tapi itu masih tak ada bandingannya dengan obat penghilang rasa sakit. Yang terakhir lebih efektif karena mereka mengandung kafein sendiri, yang meningkatkan keefektifan semua komponen lainnya hingga 40%.

5. Mengurangi stres dan depresi


Kopi berperan sebagai zat anti stres karena pelepasan dopamin dan serotonin, yang memicu suasana hati menjadi baik. Satu cangkir, atau bahkan hanya aroma kopi, bisa menenangkan sarafmu. Selain itu, kafein adalah salah satu stimulator yang paling umum dari sistem saraf pusat, dan stimulasi konstan inilah yang membuat depresi menjadi berkurang. Menariknya, hanya kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek ini, berlawanan dengan kafein yang ditemukan dalam teh, soda, atau coklat, yang tidak merangsang saraf pusat secara efektif.

6. Memori yang lebih baik


Stimulator dan neuromediator yang diperoleh dari kopi tidak hanya meningkatkan mood dan produktivitas kamu, tetapi juga memperbaiki ingatanmu. Tentu saja, ini hanya bekerja dengan memori jangka pendek kamu. Tapi ini cukup baik karena semua informasi pada awalnya disimpan sebagai memori jangka pendek, dan hanya satu jam kemudian memasukkan memori jangka panjang kita dalam keadaan tertentu.

7. Menurunkan berat badan


Akhirnya, impianmu untuk menurunkan berat badan bisa menjadi kenyataan. Kopi bisa membantu kamu menurunkan berat badan berlebih. Bila tingkat hormon leptin rendah, tubuh kamu akan mulai menyimpan lemak, dan kemudian bertambah gemuk. Namun kopi meningkatkan kadar hormon dalam tubuhmu. Inilah sebabnya mengapa pecandu kopi memakan waktu lebih lama untuk menambah berat badan.

Bonus


Ada banyak resep kopi es di luar sana. Tapi ada juga cara yang sangat sederhana untuk melakukannya.
  1. Buatlah kopi favorit kamu.
  2. Biarkan dingin, lalu isi tempat es batu dengan kopi. Letakkan di freezer.
  3. Pada siang hari yang terik, cukup tambahkan kubus kopi ke segelas susu.
  4. Koktail kopi yang paling sederhana sudah siap!
Sumber: BrightSide

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!