Apa Yang Akan Terjadi Jika Bumi Berputar Dua Kali Lebih Cepat?

Advertisement


Apa yang akan terjadi jika Bumi mulai berputar dua kali lebih cepat? Tampaknya tidak akan baik. Ada dampak yang jelas, seperti 12 jam sehari, bukan 24 jam sehari. Tapi efek lainnya cukup mengejutkan. Kekuatan sentrifugal Bumi akan menarik air dari kutub ke khatulistiwa, menaikkan permukaan air di sana hingga 100 meter. Ini benar-benar akan menghapus Indonesia dan sebagian besar bagian utara Amerika Selatan, lalu akan mengubah Afrika menjadi dua pulau yang terputus dengan pulau ketiga dimana Gunung Kilimanjaro akan menonjol di atas laut.

Kecepatan yang dipercepat juga akan menyebabkan badai yang jauh lebih parah, yang akan berputar pada kecepatan yang meningkat seiring dengan Bumi. Dan badai lainnya mungkin akan terbentuk, karena air yang meningkat di dekat khatulistiwa akan datang bersamaan dengan kelembaban yang sangat tinggi, menyebabkan lingkaran kabut permanen di sekitar ekuator.

Tapi, yang mengejutkan, semua ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kecepatan rotasi bumi telah berubah secara dramatis sepanjang sejarahnya. Ketika Bumi terbentuk 4,4 miliar tahun yang lalu, ia berputar dengan kecepatan hanya 4 jam per hari. Seperti baru-baru ini pada era dinosaurus, sehari di planet ini hanya 22 jam. Hal ini terjadi karena tarikan gravitasi bulan secara bertahap memperlambat rotasi bumi. Dalam beberapa miliar tahun lagi seiring berjalannya waktu, sehari di planet kita juga akan semakin melambat.

Sumber: PopularMechanics

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!