Fakta dan Sejarah Illuminati yang Sebenarnya

Advertisement

Sepertinya Illuminati dan Freemason adalah teori konspirasi yang paling populer di Internet, ada jutaan artikel tentang teori konspirasi yang melibatkan Illuminati dan Freemason ini di Google, sehingga menjadikan ini teori tergelap umat manusia tapi dengan tingkat kerahasian yang sangat payah. Tapi walaupun begitu ada jutaan orang loh yang percaya cerita konspirasi populer ini sampai terbawa-bawa ke dunia nyata.

Tapi kembali lagi ke sejarah, Illuminati sendiri sebenarnya bukanlah kelompok rahasia pemuja iblis yang mau menguasai dunia di bawah satu pemerintahan, karena hal itu tidak mungkin. Illuminati sendiri pada awalnya adalah kelompok mahasiswa dan dosen fakultas hukum Bavaria yang sudah muak dengan kaum agamis yang korup dan terlalu berlebihan mengatur hidup orang.


Illuminati sendiri didirikan oleh seorang profesor hukum dari Universitas Ingolstadt Bavaria (sekarang Jerman) yang bernama Adam Weishaupt pada 1 Mei 1776. Organisasi ini sendiri sebenarnya didirikan terinspirasi oleh Freemason untuk melawan pengaruh organisasi dan tokoh agama pada kehidupan masyarakat yang di zaman itu sangat kuat pengaruhnya. Illuminati juga menentang penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah dan mengharapkan pemerintah tetap memberikan ruang yang aman bagi masyarakat untuk mengeluarkan kritikan, berdebat dan bebas berpendapat. Itu sebabnya organisasi ini diberi nama Illuminati yang dalam bahasa latinya berarti pencerahan.

Organisasi Illuminati sendiri sebenarnya sama seperti Freemason, mereka adalah gerakan kritis kepada institusi gereja dan keagamaan yang di zaman itu sangat overdosis. Perbedaan mendasarnya mungkin pada umurnya dan pola gerakannya saja.

Dimana Freemason didirikan oleh para tukang batu Skotlandia pada tahun 1599 yang awalnya seperti koperasi dan klub tempat berbagi informasi bisnis batu antar sesama anggotanya, lalu kemudian menjadi organisasi kaya sehingga mereka bisa membuat organisasi sosial untuk melawan pengaruh gereja yang saat itu sangat korup dan mendominasi kehidupan masyarakat Eropa.

 Freemason tukang batu Skotlandia

Sedangkan Illuminati lebih condong kepada gerakan kaum terdidik dan cendekiawan yang juga melawan pengaruh gereja dan organisasi agama yang juga sangat dominan saat itu di Jerman. Itu sebabnya anggota pertama Illuminati sendiri adalah 5 orang mahasiswa terbaik di kampusnya, salah satu pendirinya adalah Adam Weishaupt. Nantinya kelompok ini berkembang menjadi besar dan diisi kaum cendekiawan dan orang-orang berpengaruh yang memiliki visi sama yaitu membersihkan korupsi pihak gereja dengan para tokoh politik kotor yang menggunakan agama sebagai komoditas politiknya. Itu sebabnya nanti nasib Illuminati sendiri sama seperti Freemason yaitu menjadi organisasi paling di benci oleh gereja.

Umur Illuminati sendiri sebenarnya cukup singkat mereka cuman bertahan 10 tahun setelah itu mereka bubar karena organisasi ini berhasil di susupi oleh pemerintah Bavaria dan Gereja, yang mengakibatkan Adam Weishaupt di usir dari kampus Ingolstadt.


Tapi menurut sebagian orang, walaupun Adam Weishaupt sudah diusir dan organisasinya dibubarkan paksa oleh pemerintah, tapi konon katanya gerakan Illuminati ini muncul lagi dari murid-murid Adam Weishaupt yang nantinya bahkan bersinggungan dengan Freemason dan akhirnya banyak mendapatkan anggota dari para cendekiawan muda dan kaum terdidik eropa yang awalnya bergabung ke Freeemason, tapi mereka menganggap Freemason terlalu lembek karena hanya merupakan gerakan sosial, akhirnya mereka lebih memilih Illuminati yang bergerak secara nyata dalam menghukum dan menjebloskan pihak gereja dan politikus kotor yang tersangkut berbagai kasus seperti korupsi, suap, politik kotor, tidak moral, dll.

Dimasa kejayaannya, konon Illuminati memiliki anggota sekitar 2000-4000 orang yang tediri dari para cendekiawan dan kaum terdidik Eropa, bahkan konon juga banyak founding father Amerika juga dulunya mantan anggota kelompok persaudaraan ini, selain itu juga ada yg mengkaitkan kelompok ini dengan Revolusi Perancis yang mengakhiri era Kerajaan Perancis dan menumbangkan kekuasaan gereja Perancis yang sangat berkuasa di Eropa. Tapi semua hal tersebut tidak ada bukti kongkretnya, hanya desas-desus dan teori saja. Tapi yang jelas, Illuminati adalah gerakan pencerahan untuk melawan pengaruh kaum agamis yang sangat berkuasa dan otoriter di zaman kegelapan Eropa dulu.

Sumber: Berbagai Sumber

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!