Fakta Psikologis Yang Menjelaskan Banyak Tentang Kita

Advertisement

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mengungkap banyak misteri dan kelemahan otak manusia yang tersembunyi dalam jiwa kita.

Hari ini, Mesin Waktu mengajakmu dalam perjalanan ke dalam kepala untuk mencari tahu apa yang membuat kesadaran seseorang bekerja.

1. Kita merasa lebih bahagia saat kita sibuk


Bayangkan kamu berada di bandara, dan perlu mengambil barang bawaan. Dalam sepuluh menit, kamu mencapai tempat pengambilan dan segera mengambil koper.

Dan sekarang, situasinya sedikit berbeda. kamu menemukan jalan pintas dan berhasil sampai ke pengambilan bagasi hanya dalam waktu dua menit. Kemudian, kamu menghabiskan sisa delapan menit menunggu koper milikmu muncul.

Dalam kedua kasus itu, kamu membutuhkan waktu tidak lebih dari sepuluh menit untuk mengambil barang bawaannya. Namun, dalam skenario kedua, kamu mungkin merasa lebih tidak sabar dan tidak puas. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa otak kita tidak suka menganggur dan lebih memilih untuk tetap sibuk. Dan, untuk setiap tugas selesai, ia memberi penghargaan kepada kita dengan dopamin, hormon kebahagiaan.

2. Kita hanya bisa memiliki sejumlah teman


Psikolog dan sosiolog telah menemukan sesuatu yang disebut dengan nomor Dunbar. Merupakan jumlah maksimum orang yang dapat mempertahankan hubungan dekat. Jadi, meskipun kamu memiliki ribuan teman di Facebook, kamu hanya bisa memiliki komunikasi yang berarti dengan 50-200 di antaranya.

3. Kita hanya bisa menghafal hanya 3-4 hal sekaligus


Studi menunjukkan bahwa otak kita dapat menyimpan tidak lebih dari 3-4 informasi sekaligus. Selain itu, info ini hanya bisa kamu ingat selama 20-30 detik. Setelah waktu ini, kamu akan melupakannya kecuali jika kamu terus menyegarkannya dalam ingatan berulang kali.

Misalnya, kamu mengemudi dan berbicara di telepon. Orang di ujung lain memberi kamu nomor, tapi kamu tidak bisa menuliskannya sehingga kamu mencoba menghafalnya. Kamu mengulanginya lagi dan lagi, untuk menyimpannya dalam ingatan jangka pendek sampai dapat memutuskan dan menuliskannya.

Omong-omong, fakta bahwa kamu merasa lebih mudah mengingat 3-4 lembar informasi sekaligus menjelaskan mengapa begitu banyak hal terdiri dari 3-4 digit atau garis. Ini berlaku untuk nomor telepon dan kartu kredit dan bahkan paragraf yang sedang kamu baca.

4. Persepsi visual kita tentang berbagai hal berbeda dari penampilan aslinya


Otak kita terus memproses informasi yang diterima dari organ sensorik. Menganalisis gambar visual dan menafsirkannya dalam bentuk yang dapat diakses oleh kita.
  • Misalnya, alasan kamu bisa membaca teks dengan cepat terletak pada kenyataan bahwa kita sebenarnya tidak membacanya. Kamu hanya memperhatikan huruf pertama dan terakhir dari setiap kata. Seperti kata pepatah: "Mugnkin kmau tdiak mepmerhatkian apa ynag ada, dan keumdian breada di tepmat terubka."
Lihat? Kamu akan melihat sekelompok kata campur aduk namun kamu menganggapnya sebagai kata-kata yang tepat!

5. Kita menghabiskan 30% waktu kita untuk melamun


Bayangkan kamu sedang bekerja mempelajari dokumen penting. Tiba-tiba, menyadari bahwa baru saja kamu membaca kalimat yang sama tiga kali berturut-turut. Alih-alih menganalisis teks, pikiran kamu tiba-tiba malah melamun.

Ilmuwan dari Universitas California mengatakan bahwa setiap hari kita menghabiskan 30% waktu kita untuk melamun. Terkadang (misalnya, selama perjalanan jauh) kegiatan melamun ini meningkat menjadi 70%, tapi tidak ada yang salah dengan itu. Studi menunjukkan bahwa orang yang suka melamun cenderung lebih kreatif. Selain itu, mereka lebih baik dalam memecahkan masalah dan menghilangkan stres.

6. Kita tidak bisa mengabaikan 3 hal dalam hidup: makanan, seks dan bahaya


Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa orang selalu berhenti untuk melihat kecelakaan lalu lintas?

Keingintahuan seperti itu dipicu oleh bagian otak purba kita yang bertanggung jawab untuk bertahan hidup. Fungsinya untuk terus-menerus memindai lingkungan, mengajukan dan menjawab tiga pertanyaan: "Bisakah saya memakannya? Dapatkah saya berhubungan seks dengannya? Dapatkah saya dibunuh oleh itu? Makanan, seks, dan bahaya masih menjadi hal mendasar bagi kita sebagai makhluk hidup, jadi kita tidak bisa mengabaikannya.

Fakta mana yang paling mengejutkanmu? Berikan alasanmu di komentar.

Sumber: BrightSide

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!