Inilah Fungsi Berbahaya Dibalik Tangan Kecil Dinosaurus T-rex

Advertisement

Tyrannosaurus rex dipercaya sebagai salah satu makhluk paling menakutkan yang pernah menghuni bumi, dengan berat rata-rata enam ton dan mempunyai kekuatan untuk merobek 500 pon mangsanya menggunakan rahangnya yang besar. Tapi peneliti percaya bagian tubuh dinosaurus yang paling diremehkan mungkin sama jahatnya, yaitu lengan kecil milik T. rex.

Menurut Steven Stanley, ahli paleontologi di Universitas Hawaii Manoa, senjata T. rex digunakan untuk menyayat mangsa di dekatnya. Lengan yang panjangnya kira-kira tiga kaki terdapat cakar berbentuk bulan sabit yang bisa digunakan untuk melukai mangsanya. Lengannya yang pendek sebenarnya bermanfaat untuk menyayat, mengingat ukuran kepala T. rex.


Kaki depan yang pendek tapi kuat dan cakar besar akan memungkinkan T. rex untuk menyayat punggung korbannya lalu kemudian menerkam dengan rahangnya, menimbulkan empat suntikan satu meter dalam beberapa detik dan bisa berulang kali berulang kali berturut-turut.

Ilmuwan percaya tangan pendek itu berfungsi untuk menyayat mangsa dan menggigit dengan rahangnya yang kuat agar tidak bisa melepaskan diri.

Teori lain menyebutkan tangan tersebut berguna membantu T-Rex untuk bangun dari posisi tidurnya.

Bahkan ada teori yang mengatakan T-Rex menggunakan tangan pendeknya untuk memudahkan saat mereka kawin.

Sumber: History

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!