Lupakan Mars, Manusia Mungkin Bisa Tinggal Disini Suatu Hari Nanti

Advertisement


Titan bisa menjadi tempat terbaik untuk koloni manusia. Bulan terbesar Saturnus yang mirip Bumi ini, dengan atmosfir padat yang bisa melindungi makhluk bumi yang lemah dari radiasi.

Pencalonan Titan sebagai ide permukiman masa depan bukanlah hal baru, namun sebuah analisis baru menunjukkan bahwa bulan kuning ini memiliki sumber energi berharga yang bisa memberi jawaban kepada kita.

Science Alert, Amanda Hendrix dan Yuk Yung menulis bahwa Titan adalah "Lokasi optimal di tata surya untuk pemukiman manusia di luar bumi. Sekitar 808 juta mil jauhnya, keberlanjutan kita di Titan adalah kuncinya.".

Robot dan bahkan manusia suatu hari nanti bisa membuat tenaga nuklir dengan menggunakan peluruhan radioaktif di sana. Para ilmuwan mengatakan tenaga surya bisa didapat dari panel surya, meskipun Titan hampir 10 kali lebih jauh dari matahari daripada Bumi.

Angin kencang Titan juga bisa dimanfaatkan, jika manusia belajar membangun turbin yang cukup kuat. Gelombang dahsyat yang diciptakan oleh daya tarik Saturnus dapat dimanfaatkan untuk tenaga air.

Titan bahkan bisa menjadi pemberhentian di jalan untuk menuju eksplorasi yang lebih jauh lebih lagi. Danau metana disana juga bisa ditambang untuk bahan bakar roket. Sebagai sumber daya untuk jangka panjang, Titan akan menjadi tempat yang sangat penting," kata seorang peneliti dari Universitas Johns Hopkins.

Peneliti mengakui, bagaimanapun, bahwa ada banyak hal yang tidak diketahui, termasuk geologi Titan. Dan, kata mereka, teknologi Bumi sendiri harus diperbaiki sebelum bisa digunakan untuk menuju satelit Saturnus tersebut.

Sumber: FoxNews

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!