NASA Temukan Tata Surya Baru dengan Jumlah Planet Sama dengan Kita

Advertisement

NASA baru saja mengumumkan bahwa mereka telah menemukan sistem tata surya terdekat dengan delapan planet yang mengorbit bintangnya, menjadikannya sistem tata surya pertama yang sama dengan kita dalam jumlah planet. Sistem itu ditemukan berkat perangkat lunak kecerdasan buatan dari Google.

Sistem bintang tersebut disebut dengan Kepler-90, dan mereka mempunyai cukup banyak planet. Tujuh planet tersebut ditemukan pada tahun 2013 oleh sekelompok peneliti, namun mereka tidak mengetahui bahwa sistem tersebut memiliki planet kedelapan tersembunyi yang sulit ditemukan. Diperlukan algoritma dari mesin Google untuk menemukan sinyal samar dalam data tata surya tersebut.


Planet yang baru ditemukan, Kepler-90i, mengorbit bintangnya setiap 14.45 hari sekali, yang berarti terlalu dekat dengan bintangnya untuk mendukung kehidupan. Kemungkinan tidak ada satu pun planet dalam sistem Kepler-90 yang mendukung kehidupan, karena hanya planet raksasa gas terluar yang berada di dalam zona layak huni bintang tersebut.

Sumber: NASA

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!