Panduan Pemula Untuk Yang Ingin Investasi Bitcoin

Advertisement

Dunia keuangan tidak bisa berhenti membicarakan tentang Bitcoin. Dalam beberapa pekan terakhir, judul utama jurnal bisnis dan bagian keuangan telah meliput segala hal, dari pentingnya berinvestasi pada bitcoin hingga bagaimana di masa depan bitcoin yang memukul bursa saham.

Diperkenalkan pada tahun 2009, bitcoin adalah mata uang anonim, atau suatu bentuk mata uang yang ada secara digital melalui enkripsi. Bitcoin diciptakan tidak dapat dihack, tidak bisa dilacak, dan aman bagi investor.

Nilai awal yang murah dan hanya sekitar Rp. 3.000.000 per bitcoin. Begitu bitcoin menabrak CME Group, harga bitcoin melonjak menjadi hampir Rp. 250.000.000. Anggap saja begini, jika kamu menginvestasikan satu juta rupiah pada tanggal 1 Januari 2011, saat satu bitcoin dihargai 5 ribu rupiah, bitoin itu bisa bernilai sekitar Rp. 65 miliar hari ini.

Bagaimana cara kerja bitcoin?


Bitcoin adalah mata uang kripto yang diatur di buku besar publik, Blockchain. Ditransfer secara digital, dan hanya ada secara online. Sama seperti emas, ia bisa memiliki nilai moneter sementara juga menjadi komoditas,. Hal ini juga didesentralisasi dan tidak dikelola oleh satu entitas, melainkan sekelompok orang yang mengatur dan memproses transaksi, yang disebut penambang. Ini berarti tidak tunduk pada peraturan pemerintah saat diperdagangkan atau dihabiskan, dan kamu tidak memerlukan bank untuk menggunakannya.

Apa itu Blockchain?

Penambang bertanggung jawab untuk memastikan transaksi bitcoin yang dilakukan oleh pengguna dicatat dan legal. Sederhananya, mereka mengelompokkan setiap transaksi bitcoin baru yang dilakukan selama kerangka waktu yang ditetapkan menjadi satu blok. Begitu blok dibuat, ditambahkan ke rantai, yang dihubungkan bersamaan dengan kriptografi yang kompleks. Rangkaian blok ini adalah buku besar publik, dan kompleksitasnya yang ekstrem inilah yang saat ini melindungi transaksi.

Apakah bitcoin tak terbatas?

Tidak, maksimal sistem ini dirancang untuk melengkapi 21 juta bitcoin. Pada saat itu, bitcoin akan berhenti dilepaskan. Kebanyakan orang berpikir itu akan sekitar tahun 2140.

Pasalnya, para penambang tidak membangun blok sesuka mereka. Ketika seorang penambang membangun sebuah blok, mereka juga harus menyelesaikan serangkaian teka-teki matematika yang kompleks.

Pertama kali bitcoin ditambang oleh sang pendiri, Satoshi Nakamoto, melepaskan 50 bitcoin yang ia simpan. Selanjutnya, ketika seorang penambang menyelesaikan sebuah teka-teki, dia mendapatkan 25 bitcoin. Pada musim panas 2016, itu dibelah dua lagi menjadi 12,5 bitcoin. Jumlah itu akan terus dibelah dua secara berkala sampai semua 21 juta bitcoin telah dilepaskan.

Apakah bitcoin aman?

Dengan perkiraan banyak ahli bitcoin, buku besar itu cukup tahan peluru. Untuk mengubah buku besar, kamu tidak hanya harus memanfaatkan satu ton tenaga komputer, tapi juga harus melakukannya di tempat yang sangat umum di mana ribuan komputer dan pengguna lain dapat melihat dengan tepat apa yang kamu lakukan.

Jadi, haruskah saya berinvestasi?

Saat ini, kecuali jika kamu menghabiskan ribuan dolar untuk membelinya secara massal, bitcoin tidak lebih dari sekedar persediaan. Pada waktunya, itu bisa menjadi alat yang masuk akal untuk membeli barang dan jasa. Jepang bahkan menerimanya sekarang, secara legal. Tapi untuk saat ini, ini benar-benar investasi. Dan jika kamu pintar (atau beruntung) itu bisa menghasilkan uang.

Bagaimana cara berinvestasi?

Sama seperti investasi apapun, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan seseorang yang berpengalaman dalam melakukan investasi. Tapi peraturan yang bagus adalah tidak menginvestasikan lebih dari yang kamu mau kehilangan. Nilai mata uang kripto dapat bergejolak, tumbuh dan jatuh setiap hari. Jika kamu masih mengeyel, ada sejumlah aplikasi yang dapat kamu download di ponsel untuk mulai berinvestasi, seperti Coinbase, Blockfolio, atau Bitstamp. Aplikasi ini juga merupakan dompet digital yang menyimpan bitcoinmu.

Sumber: PopularMechanics

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!