Peluncuran Roket SpaceX, Falcon 9 Sempat Disangka UFO

Advertisement

Peluncuran roket terbaru dari perusahaan SpaceX menyebabkan kebingungan masyarakat Los Angeles saat diluncurkan.

Orang-orang dilaporkan banyak yang menghentikan mobil mereka untuk menonton dan merekam saat cahaya tersebut terlihat di atas langit malam, menyusul peluncurannya dari Vandenberg Air Force Base, di California.

Roket tersebut berhasil mengantarkan sepuluh satelit pengganti ke orbit untuk armada komunikasi perusahaan Iridium.

Saat melintasi langit, roket tersebut meninggalkan ekor panjang bercahaya yang membuat orang California bertanya-tanya apa yang menyebabkan cahaya yang mempesona itu.


Stephen Cooper, seorang pengacara, menggambarkan kebingungan tersebut saat orang-orang di pinggiran utara Deli Hills melihat banyak lampu dan asap di langit.

"Saya tidak tahu apa ini tapi semua orang termasuk saya di Woodland Hills, California menepi ke sisi jalan untuk mengambil gambar dan video dan mendiskusikan apakah kita sedang melihat UFO atau tidak." kata dia.

Sedangkan banyak juga yang mengupload rekaman tersebut ke media sosial untuk mengungkapkan apa yang baru saja mereka lihat.


Sebagai tanggapan atas kebingungan tersebut, Pemadam Kebakaran Los Angeles mengeluarkan sebuah pernyataan yang menjelaskan bahwa cahaya misterius di langit tersebut merupakan hasil dari peluncuran roket di Vandenberg.

Peluncuran ini merupakan bagian dari kontrak SpaceX yang sedang berlangsung dengan perusahaan Iridium untuk menggantikan 75 dari 81 satelitnya.

Satelit tersebut melayang di orbit bumi yang rendah dan berfungsi mengirimkan data untuk layanan seperti jaringan telepon seluler dan sistem kontrol lalu lintas udara pada pesawat.

Roket Falcon 9 telah digunakan untuk membawa satelit perusahaan Iridium ke orbit pada bulan Juni, sebelum mendarat di platform terapung di Samudra Pasifik. Kali ini roket tersebut diizinkan terjun ke perairan laut.

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!