Telah Ditemukan Eksoplanet Baru Yang Mungkin Mampu Mendukung Kehidupan

Advertisement

Sebuah tim ilmuwan baru saja mengumumkan sebuah penemuan planet luar tata surya yang berpotensi dihuni dan berukuran hampir sama dengan bumi, mengorbit bintang katai merah yang redup hanya 11 tahun cahaya jauhnya.

Eksoplanet baru ini bernama Ross 128 b, yang dinamakan setelah bintang di mana dia mengorbit, Ross 128. Sejauh ini, penemuan tersebut adalah eksoplanet terdekat kedua yang ditemukan, tapi sepertinya lebih ramah daripada yang paling dekat, Proxima b, yang hanya berjarak 4,2 tahun cahaya namun mengorbit bintang yang jauh lebih mudah menguap. Para ilmuwan memperkirakan bahwa Ross 128 b adalah 1,35 kali ukuran Bumi, dengan suhu permukaan yang sama ringannya.

Tim ilmuwan, yang dipimpin oleh Xavier Bonfils di Universitas Grenoble, menghabiskan lebih dari satu dekade untuk memantau langit menggunakan High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS), yang terletak di Observatorium La Silla di gurun Chili. Menurut temuan mereka, yang diterbitkan hari ini di jurnal Astronomy & Astrophysics, mereka membuat lebih dari 150 pengamatan Ross 128.


Studi baru menyimpulkan bahwa Ross 128 b membutuhkan waktu 9,9 hari untuk mengelilingi bintangnya, membuatnya 20 kali lebih dekat ke bintangnya daripada Bumi ke Matahari. Tapi karena Ross 128 jauh lebih redup daripada Matahari, planet tersebut hanya menerima radiasi lebih sedikit dari pada Bumi, yang berarti memiliki suhu yang sama di permukaannya.

Meskipun para ilmuwan tidak menganggap Ross 128 b layak huni, mereka pikir eksoplanet tersebut mungkin memiliki suhu permukaan yang nyaman, dengan kisaran perkiraan antara -76 derajat sampai 69 derajat Fahrenheit. Itu adalah rentang yang luas sebenarnya, tapi yang menurut para ilmuwan membenarkan bahwa menyebutnya sebagai planet yang beriklim sedang.

Musim panas yang lalu, penemuan planet ekstrasurya mirip Bumi yang mengorbit tetangga terdekat matahari, bintang kerdil merah aktif Proxima Centauri, mengguncang dunia ilmiah. Tetapi meskipun Proxima b lebih dekat ke Bumi daripada Ross 128 b, para ilmuwan berpikir penemuan baru ini bisa jadi lebih menarik.

Studi baru ini juga memberi bobot pada bukti bahwa bintang katai merah seperti Ross 128, Proxima Centauri dan TRAPPIST-1 adalah tempat yang lebih baik untuk mencari planet yang layak ditinggali. Berlawanan dengan bintang yang lebih besar dan lebih terang seperti Matahari.

Langkah selanjutnya adalah mempelajari lebih banyak tentang atmosfir dan komposisi mereka. Cara untuk melakukan itu, kebanyakan ilmuwan setuju, adalah untuk mendapatkan lebih banyak pengamatan Ross 128 b dan eksoplanet-eksoplanet lainnya.

Sumber: History

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!