Beberapa Mitos Salah Tentang Deep Web Yang Dipercayai Banyak Orang

Advertisement

Banyak sekali orang penasaran dengan apa yang namanya Deep Web. Seperti apa dan ada apa sih disana sehingga sering kali di perbincangkan di media sosial?

Selama ini saat mendengar kata Deep Web pasti akan diikuti dengan mitos-mitos menakutkan yang tersebar di internet. Mitos-mitos ini terus berkembang padahal sebenarnya belum teruji benar atau tidaknya.


Kali ini kita akan membahas fakta-fakta palsu yang banyak tersebar di Internet mengenai Deep Web. Dampaknya, banyak yang menganggap deep web menakutkan dan sangat berbahaya. Apakah Deep Web semenakutkan itu?

1. Masuk Deep Web menjadi sasaran FBI


Di salah satu artikel yang saya baca tentang Deep Web, terdapat sebuah komentar yang mengatakan, jika sekedar surfing memakai browser TOR itu bahaya. Nanti bakal ditangkap oleh FBI, jadi selain TOR harus mengaktifkan VPN atau proxy. Tidak perlu lebay, Deep Web sama saja seperti situs publik, dalam artian tidak ada yang mengontrol semua surfer, FBI sekalipun.

2. Masuk Deep Web PC langsung BSOD / Blue Screen seketika


Tidak ada yang namanya akan membuat komputer Blue Screen ketika masuk Deep Web. Kalau kebetulan waktu buka tiba-tiba Blue Screen mungkin kamu saja yang lagi kurang beruntung dan tidak ada hubungannya sama Deep Web.

3. Deep Web hanya berisi konten menyeramkan


Semua di Deep Web itu ada dua sisi, baik dan buruk. Disana banyak sekali dokumen atau ilmu pengetahuan yang tidak ada di situs publik. Jadi tidak semua di deep web isinya menyeramkan.

4. Masuk Deep Web, komputer langsung kena sadap hacker


Kalaupun ada beberapa situs malware yang bisa memasuki komputer kamu, pasti dibutuhkan "action" oleh penggunanya. Contohnya saat membuka situs A, lalu muncul pop-up yang menyarankan untuk menginstall aplikasi. Kalau kalian menginstallnya, bisa jadi itu malware atau virus. Namun tidak berarti kalian membuka browser langsung data hilang atau terambil.

5. Deep Web penyebar virus


Mungkin ada situs bervirus namun butuh "action" penggunanya. Dan tidak semua situs deep web tersisipi virus. Malah hampir tidak ada yang yang bervirus. Sebenarnya perbedaan situs deep web dengan situs publik adalah hanya situs dengan domain .onion tidak terindex oleh mesin pencari seperti Google, dan cara mengaksesnya harus memakai browser TOR.

6. Isi Deep Web adalah Ilegal


Tujuan dibuat situs .onion adalah untuk kalian yang mengutamakan privasi di Internet. Memang benar di Deep Web ada yang menjual narkoba dan lain-lain. Tetapi tidak semua isinya illegal. Facebook juga pernah meluncurkan situs .onion-nya loh. Tujuan dari Facebook sendiri adalah untuk para user yang menginginkan privasinya saat menggunakan Facebook.

Jadi intinya Deep Web tidak semenakutkan mitos-mitos yang beredar. Cara mengaksesnya pun mudah. Tinggal menginstall TOR Browser dan mengetikkan situs yang dituju beralamatkan .onion. Surfing di Deep Web aman saja asalkan jangan asal mengeklik atau asal menginstall aplikasi yang belum jelas.

Sumber

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!