Blackbeard, Bajak Laut Paling Ditakuti Dari Lautan Karibia

Advertisement

Tahukah kamu kalau bajak laut yang bernama Blackbeard, atau Edward Teach yang hadir dalam film Pirates of the Caribbean dan manga Jepang One Piece itu adalah tokoh bajak laut yang benar-benar ada.

Tapi tidak ada yang tahu persis kapan Teach dilahirkan. Namun jika dilihat dari usia saat dia tewas, diperkirakan bahwa Teach lahir sekitar tahun 1680. Dia dikenal dengan beberapa nama seperti Blackbeard atau Edward Thatch. Namun sumber awal mengatakan bahwa nama aslinya adalah Drummond. Teach bertempat tinggal di Bristol dan juga merupakan orang yang berpendidikan. Dia sering berkomunikasi dengan para pedagang. Bahkan dia pernah menerima surat dari Tobias Knight, seorang Kepala Sekretaris dari Carolina. Teach pernah beroperasi di Lautan Karibia sebagai privateer (kapal penyerang musuh) selama periode Perang Ratu Anne. Tidak lama setelah itu, dia berganti profesi menjadi bajak laut.

"Edward 'Blackbeard' Teach" sendiri adalah salah satu bajak laut yang paling terkenal di masa era bajak laut (tahun 1650 sampai tahun 1730), Blackbeard memiliki penampilan sangar dan perawakannya tinggi serta wajah dengan janggut hitam yang sangat panjang, dia juga di kenal dengan reputasinya yang mengerikan sehingga menjadikannya sosok bajak laut paling di segani di daerah Karibia.

Tapi reputasi mengerikan dari Blackbeard ini dibangun karena kenyentrikan penampilannya, kecerdasan serta manipulasi psikologis saja, dalam catatan sejarahnya Blackbeard sendiri sebenarnya menolak menggunakan kekerasan kecuali terpaksa, dia hanya mengandalkan gambaran akan dirinya yang menakutkan untuk mendapatkan respon yang diinginkan dari orang-orang yang dirampoknya tanpa perlu banyak melakukan tindakan kekerasan. Dia juga di kenal sebagai bajak laut cerdas dan penuh perhitungan sehingga mampu merampok banyak armada tanpa tertangkap.

Blackbeard sendiri di kenal sebagai orang nyentrik karena dia sering membawa banyak pistol, pisau dan pedang, dan terkadang mengikat janggut hitam lebatnya dengan pita warna warni, atau memasangkan petasan dan korek api pada janggut dan topinya yang menimbulkan banyak asap dan api saat dia muncul di hadapan musuhnya, hal ini dia lakukan untuk mengitimidasi mental musuh-musuhnya, dan karena kelakuan nyentriknya ini membuat dia mendapat julukan Blackbeard (si janggut hitam).


Kapalnya yang terkenal awalnya bernama Le Concorde, kapal ini berjenis sloop (sama seperti kapal yang dipakai tokoh-tokoh komik One Piece) dan didapat dari hasil menjarah armada Prancis, nanti kapal ini akan dirubah namanya menjadi "Queen Anne's Revenge" dan dibekali dengan 40 meriam. Kapal ini adalah salah satu legenda kapal bajak laut karena modifikasinya dan sepak terjangnya dalam banyak aksi perompakan di laut.

Banyak legenda yang menceritakan tentang kehebatan Blackbeard, dia terkenal dengan keberaniannya menghadapi seluruh armada British Navy yang di kenal dalam dunia lampau sebagai kekuatan Rule of Seven Seas (penguasa 7 lautan), dan merampok hampir semua jenis kapal dari berbagai negara yang melintasi daerah perairan Karibia.

Selain di kenal karena kenyentrikannya, Blackbeard juga dikenal sebagai bajak laut tangguh yang susah mati, saat pertarungan legendarisnya yang terakhir yaitu melawan Robert Maynard (perwira angkatan laut Inggris yang akan menangkapnya) di tahun 1718. Konon pada peristiwa itu Blackbeard menerima 5x tembakan dan 20x tusukan dari Maynard dan pasukannya tapi masih bisa bertarung dan menghabisi beberapa orang pasukan Maynard dan membuat beberapa jari-jari Maynard terpotong, bahkan konon pedang Maynard sendiri patah saat ditikamkan ke punggung Blackbeard sampai akhirnya dia mati karena tebasan pedang dari salah satu anak buah Maynard yang mengenai lehernya. Kepala Blackbeard akhirnya dipenggal dan digantung di layar depan kapal Robert Maynard sebagai bukti pasukanya sudah berhasil membunuh bajak laut yang paling ditakuti di lautan Karibia.

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!