Kenapa Makan Setelah Menggosok Gigi Rasanya Tidak Enak?

Advertisement

Pasti kamu pernah mengalami ini kan, setelah menggosok gigi, lalu makan rasanya jadi tidak enak. Ternyata ada alasan dibaliknya, yuk simak.

Para peneliti meyakini bahwa rasa bisa terbentuk karena adanya interaksi antara bahan (senyawa) yang dimakan dan reseptor rasa (penerima rasa), dalam hal ini adalah lidah.

Makanan menjadi tidak enak setelah menggosok gigi disebabkan oleh bingungnya saraf lidah kita dalam mengecap rasa. Jadi jika dilihat menggunakan mikroskop, permukaan lidah terdapat bulu-bulu halus yang saling berdekatan, bulu-bulu ini dinamakan "Tunas Pengecap". Seperti namanya, tunas pengecap berfungsi untuk merasakan berbagai macam rasa dari makanan yang kita makan.

Komposisi pasta gigi diantaranya terdiri dari Kalsium karbonat (CaCO3), Magnesium karbonat (MgCO3), pewangi, disinfektan, pewarna, dan sebagainya. Saat menggosok gigi, bahan-bahan tersebut bercampur menjadi satu dan melumuri lidah, oleh karena itu setelah menggosok gigi, untuk sementara kepekaan lidah menjadi bingung dalam mengecap rasa.


Akibatnya, setelah kita gosok gigi lalu makan, maka rasanya akan jadi aneh, tidak manis, dingin, atau sebagainya. Dan juga, kalau kita meminum Yoghurt setelah menggosok gigi, maka rasa Yoghurt akan jadi terasa pahit.

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!