Mengapa Bulan Selalu Mengikuti Kita?

Advertisement

Bulan tidak diam, ia berputar mengelilingi bumi, dan juga berputar mengelilingi matahari. Bulan memiliki diameter kira-kira 3.467 Km dan bergerak mengelilingi bumi dengan kecepatan rata-rata 1.022 Km/jam. Tapi dengan kecepatan itu kenapa bulan nampak diam dan seperti selalu mengikuti kita?

Semua itu terjadi akibat perbedaan sudut pandang dari mata kita terhadap obyek yang diamati. Dalam proses melihat objek bergerak, yang perlu kita perhatikan adalah besar perubahan sudut pandang yang terjadi.


Objek yang begerak dekat dengan kita akan membuat kita menggerakkan kepala lebih ketimbang melihat objek yang jauh. Saat kita melihat objek yang jaraknya jauh dari kita, perubahan sudut pandang yang terjadi tidak sebesar saat objek tersebut dekat dengan kita, sehingga kita merasa objek tersebut bergerak lambat.

Apalagi ditambah dengan jarak bulan yang sangat jauh, mengakibatkan perubahan sudut pandang sangat kecil, sehingga bulan akan nampak diam dan seperti mengikuti kemana kita pergi.

Hal ini juga yang terjadi saat kita melihat pesawat terbang yang nampak terbang lambat di langit. Tapi jaraknya tidak sejauh jarak ke bulan, makanya pesawat hanya terlihat bergerak lambat.

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!