Buah dan Sayur Yang Kita Makan Hari Ini Adalah Hasil Modifikasi Genetik

Advertisement

Tahukah kamu kalau pisang yang kita makan hari ini sebenarnya adalah hasil dari modifikasi genetik.

Hampir semua tumbuhan dan sayuran modern adalah hasil modifikasi genetik oleh manusia selama ribuan tahun peradaban.

Kalau kamu berpikir modifikasi genetik selalu di lakukan di lab, berarti kamu salah. Modifikasi genetik sendiri tidak selalu di lakukan di lab seperti yang dilakukan oleh ilmuwan GMO modern, pada zaman dulu, modifikasi genetik dilakukan dengan cara menyilangkan dan membibitkan berbagai tumbuhan yang sama kelas spesiesnya tapi berbeda jenisnya, sehingga didapat tumbuhan jenis baru yang memiliki keunggulan yang tidak terdapat pada jenis terdahulu. Itulah yang dinamakan modifikasi genetik dan itu sudah dilakukan leluhur manusia sejak ribuan tahun lalu bahkan mungkin sejak manusia sudah mengenal teknik pertanian awal.

Bentuk peran modifikasi genetik terhadap buah-buahan.

Nah bedanya dengan modifikasi genetik modern atau yang biasa disebut dengan GMO adalah jika dulu penyilangan berbagai jenis tumbuhan ini harus menunggu waktu sangat lama karena tiap persilangan dan pembibitan tidak diketahui hasilnya berhasil atau gagal sampai tumbuhannya dewasa, hal ini sangat untung-untungan dan memakan waktu lama, namun hari ini kita bisa melakukanya dengan lebih cepat dan lebih tepat karena kita hari ini mengerti bagaimana gen tumbuhan bekerja, dan bagaimana caranya menambahkan dan menggabungkan gen unggul dari jenis lainnya langsung di laboratorium, sehingga dalam waktu singkat, kita bisa menciptakan jenis tumbuhan baru dengan kualitas unggul tanpa harus menunggu waktu lama dan untung-untungan dalam persilangan.
Bentuk contoh buah dan sayuran sebelum dikenai modifikasi genetik.

Mungkin ada pertanyaan yang mengatakan apakah hal ini alami? Jawabanya sejak awal manusia memang sudah mengakali alam, kita hanya semakin lebih canggih saja, kalau dulu kita mengakali alam dengan cara menyilangkan buah-buahan dengan metode penyilangan dan pembibitan, hari ini kita melakukanya dengan cara mengedit gen.

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!