7 Game Buatan Anak Indonesia Ini Sudah Rilis Di Steam Loh!

Advertisement

Jangan salah sangka, developer game dari Indonesia sudah mulai menunjukkan tajinya. Bahkan, karya mereka sudah mulai memasuki platform game terkenal, yaitu Steam, yang pastinya karya mereka akan bisa dilihat dan dinikmati oleh seluruh orang di dunia.

Steam adalah sebuah platform game digital sekaligus distributor game-game ekslusif untuk PC yang dimiliki oleh Valve. Dengan adanya Steam, pembajakan game yang sering terjadi bisa ditekan karena proteksi mereka yang lumayan mumpuni dan dengan adanya diskon harga yang ada pada hampir seluruh game yang tersedia dalam jenjang waktu tertentu.

Nah pastinya kalian penasaran game apa saja yang developer-developer Indonesia berhasil buat dan masuk ke platform game terkenal seperti Steam? Berikut 7 Game Buatan Anak Indonesia Yang Sudah Rilis Di Steam!

7. Motte Island


Entah kenapa developer game Indonesia lebih senang dengan tema horor, dari sinetron hingga layar bioskop pun genre horor mendominasi, bahkan kisah-kisah mistis ini akhirnya diangkat ke dunia game.

Disini kamu akan bermain menjadi seseorang yang ingin menolong saudarinya di sebuah pulau, yang sedang diganggu oleh roh jahat. Nah para roh jahat ini akan menjadi lawanmu, namun kamu bisa melarikan diri bila tak sanggup melawan roh-roh jahat tadi. Suasana tegang dengan nuansa khas horor menemani perjalanan anda dalam memainkan game ini.

Tak lupa juga game menegangkan ini dibandrol dengan harga $4, dan di buat oleh game developer bernama One Aperture.

6. Infectonator: Survivors


Kembali lagi dengan game bergenre horor yang berkaitan dengan zombie, nah kamu akan bermain dengan sekelompok orang yang bertahan hidup melawan kawanan para zombie, game dengan genre RTS (Real Time Strategy) ini memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Visual dari game ini adalah gaya retro dengan 8-bit yang menjadi ciri khas game-game sebelumnya, seperti Infectonator 2 maupun Infectonator Hot Chase. Namun dengan visual yang tak semewah game 3D saat ini, tidak membuat kualitas suara digarap dengan sederhana karena kita bisa merasakan kengerian dari serbuan dari para zombie.

Bahkan game ini sangat membutuhkan strategi dan pengalaman, yang akan membuat kamu semakin lihai memainkannya. Tak lupa juga harga yang ditawarkan game ini di Steam yaitu $12, game ini dirilis pada 2014, dengan developer gamenya Toge Production.

5. Just Deserts



Game dengan tema visual novel kali ini akan membuat hari-harimu ceria, dengan banyaknya cerita yang bercabang akan membuatmu tak bosan memainkannya. Terlebih lagi visual dan desain yang cukup cantik membuat game ini menjadi menarik, game keren ini dibuat oleh developer Indonesia dan didukung oleh Sekai Project. Game yang bertema militer fantasi ini dibuat oleh Vifth Floor, tim developer yang berbasis di Jakarta.

Dalam game ini kamu akan beperan sebagai seorang militer yang bertugas dengan 5 wanita, dan selanjutnya kamu bebas memilih wanita yang ingin kamu dekati, lalu kemudian dapatkan mereka sampai menjadi partnermu.

Dengan dukungan Sekai Project, game ini pun bisa kalian nikmati di Steam, sedangkan harga yang ditawarkan berkisar $10. Respon yang cukup baik, telah membuat game ini cukup laris di pasar internasional, dan mendapatkan banyak review positif dari para pemainnya.

4. Celestian Tales: Old North



Game dengan RPG klasik yang ditawarkan memang menggoda, tapi sayang sekali game ini kurang bisa bersaing di pasaran.

Padahal, kekuatan dari game ini seperti layaknya game RPG ala jepang dengan jalan ceritanya yang baik, dan penuh nilai serta pesan moral yang positif.

Di game ini kamu akan berperan sebagai enam anak muda: Cammile, Isaac, Ylianne, Lucienne, Aria, dan Raynard yang masing-masing datang dengan latar belakang yang berbeda. Kemudian kamu akan berjuang untuk menjadi seorang Knight yang tangguh dengan motif dan karakter masing-masing, keenamnya terjebak dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan, dan kamu harus menyelamatkan temanmu dan dunia agar masa depan menjadi lebih baik.

Dengan developer game yaitu ekuator game, dengan genre RPG klasik, harga yang ditawarkan di Steam berkisar $13 lebih.

3. Nusakana


Game unik lainnya dengan genre RPG adalah Nusakana, game yang unik ini ternyata juga mempunyai cerita yang kuat, hingga membuat banyak orang merasa terkesan.

Kerennya lagi, sang kreator mendirikan sebuah developer game Namaapa dengan awal terbentuknya hanya dengan dua orang yang tak pernah bertemu secara langsung. Mereka bernama Rizki dan Jason yang berkenalan di tahun 2012 lewat sebuah forum RPG Maker, sebuah ide gila yang ditampilkan dengan karya nyata.

Nusakana sendiri telah dirilis melalui Steam pada penghujung tahun 2015, bahkan mendapat respon yang cukup positif. Kontennya yang padat menawarkan lebih dari empat puluh jam playtime, sementara kebebasan eksplorasi menjadi kelebihan yang banyak disukai para pemainnya, tak hanya itu salah satu unsur unik dalam game ini adalah nama-nama barangnya tersebut bisa diubah menjadi dalam bahasa Indonesia, dan juga ada 40 macam jenis ending yang dihadirkan dalam game ini yang membuat kamu tak akan bosan.

Game ini pun walau diawal perilisan banyak bug dan kesalahan, namun mendapatkan kesan permainan RPG yang berbeda, tak salah bila kalian mau memainkannya game ini dihargai di steam hanya $12 saja.

2. NSFW : Not a Simulator For Working


Game lucu ini memang berbeda dengan genre yang lain, dengan punya ciri yang unik dan lucu, nenambah warna genre game lokal, nah kamu di sini akan bermain sebagai pekerja kantoran yang mengisi waktu senggang dengan menonton film dewasa.

Nah inti permainan game ini, adalah bagaimana cara kamu sebagai Stefan, yang bekerja di sebuah bagian design grafis agar menonton film dewasa tersebut tanpa ketahuan atasan, bahkan untuk mendapatkan uang lebih kamu bisa memainkan mini games, Nah untuk wasting time dengan sesuatu yang gila, kuncinya jangan ketahuan, namun bila kamu ketahuan oleh atasan, sudah pasti kamu akan dipecat.

Pada perilisan versi Alpha, NSFW – Not a Simulator for Working telah dimainkan oleh puluhan youtuber terkenal di dunia dan telah mendapatkan total 3.000.000 views dalam waktu yang singkat, bahkan diantara youtuber tersebut adalah Markiplier, MattShea dan Draegast.

Harga game ini pun tergolong murah meriah, hanya dengan $3 kamu sudah bisa memainkan game ini.

1. DreadOut


Game dengan visualisasi 3D yang keren ini pastinya kalian sudah pada tahu, bahkan ada wacana ingin dibuat ke layar lebar loh.

Genre horor yang mencekam memang menjadi genre yang disukai banyak orang, terlebih lagi game ini telah berhasil menembus pasar internasional dan sempat dimainkan oleh PewDiePie.

Game bertema horor, dengan balutan khas Indonesia ini bercerita tentang sekelompok murid yang sedang pergi ke sebuah desa yang tidak terurus. Murid itu bernama Linda, yaitu sebuah karakter yang bisa kita kendalikan, dan kamu sebagai Linda harus bisa melawan gangguan para mahkluk halus yang mengganggunya secara terus menerus, senjata kamu hanya sebuah smartphone yang Linda bawa.

Tak hanya itu bahkan kamu harus bisa menyelesaikan segala teka teki yang cukup sulit untuk bisa menyelesaikan segala misi yang ada, game ini dibuat oleh Digital Happiness.

Bahkan suasana mencekam, yang ditampilkan game ini cukuplah menegangkan yang pastinya bikin kalian merasa merinding bila memainkan game ini sendirian, dengan harga $15 game ini pun sudah bisa kamu mainkan, dan dijamin pasti tidak rugi.

Sumber

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!