Ikan Pacu, Ikan Yang Kerap Mengebiri Nelayan

Advertisement

Pacu adalah ikan air tawar yang banyak ditemukan di sepanjang sungai Amazon dan sungai Oronoco di dataran rendah Amazonia, tetapi juga tercatat pernah ditemukan di Papua dan Papua Nugini. Ikan yang bentuk tubuhnya seperti ikan bawal ini memiliki gigi yang mirip manusia. Ikan ini juga ternyata masih berkerabat dekat dengan ikan Piranha.

Namun tidak seperti Piranha yang karnivora atau pemakan daging, ikan Pacu justru omnivora yang menyukai buah dan tumbuhan sebagai makanan utamanya. Inilah kemudian yang menjadi alasan kenapa ikan tersebut memiliki gigi yang besar, lebar dan tegak seperti gigi manusia. Gigi-gigi yang besar tersebut bisa digunakan untuk meremukkan kacang-kacangan dan buah-buahan yang mengambang. Namun ikan ini juga kerap ditemukan memakan ikan-ikan lain.

Yang unik dari ikan ini adalah ikan Pacu ini sering dilaporkan menggigit testis pria yang sedang berenang di sungai karena menganggapnya sebagai kacang-kacangan yang sedang mengambang.

Bahkan sampai mempunyai julukan “Ball Cutter” atau "Pemotong Testis" karena ikan tersebut telah mengkebiri beberapa nelayan setempat yang sedang berburu ikan.


Ada juga kasus yang menimpa seorang anak berusia lima tahun dan harus menjalani operasi setelah jarinya remuk digigit oleh ikan ini.

Ikan Pacu bebas diperjualbelikan di mana saja termasuk di Amerika Serikat. Ikan ini bisa dibeli di hampir semua toko-toko akuarium karena mudah pemeliharaannya.


Banyak pemelihara yang tidak menyadari ikan ini bisa tumbuh hingga berukuran panjang 1,5 meter yang kemudian membuat ikan ini terlalu besar untuk dipelihara di akuarium. Karenanya, banyak pemilik ikan ini akhirnya membuang ikan Pacu mereka di sungai atau danau. Hal ini kemudian menyebabkan keberadaan ikan ini sering ditemukan di dekat danau atau sungai.

Sumber

Sekilas tentang penulis : Wilde

Hai saya Wilde, salah satu penulis di Mesinwaktu.id. Semoga dengan diterbitkannya tulisan saya ini dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda. Salam!